Rabu, 03 Maret 2010

Teknologi Game 3D

Teknologi Game 3D

Dalam game 3D, terdapat suatu teknik yang bernama render 3D (lukis) yang sangatlah penting untuk mendukung sebuah game agar terlihat nyata dan hidup seperti aslinya. Teknik Render 3D memiliki banyak kemampuan untuk menciptakan model-model yang diberikan kualitas lebih tinggi, bayangan dan cahaya dari real-time render 3D yang digunakan dalam suatu industri game. Selain dari teknik game yang digunakan, teknologi 3D juga akan lebih baik dengan melakukan Upgrade VGA pada PC memainkan game tersebut.

Prediksi dari beberapa pakar menyatakan bahwa para gamer akan lebih menyukai game berbasis 3 Dimensi pada tahun 2014 nanti. Selain teknik render 3D, juga terdapat teknik lainnya yang bernama Stereoscopic 3D. Seperti hasil riset yang dilakukan oleh Insight Media, dimana pada tahun 2014 nanti para gamer akan lebih menyukai dan menggemari game yang menggunakan system Stereoscopic 3D dan akan menganggap lumrah system kendali sensor gerak yang telah ada. Teknik 3D stereoscopic pertama kali ditemukan oleh Sir Charles Wheatstone pada tahun 1840. Stereoscopy digunakan dalam photogrammetry dan juga dalam dunia entertainment melalui produksi stereograms.

Salah satu contoh game yang menggunakan teknik Stereoscopic 3D adalah G-Force dan Toy Story Mania! yang dikeluarkan oleh Disney Interactive Studios. Game 3D G-Force ini memiliki grafik yang revolusioner dan inovatif, yang merupakan game pertama dalam sistem next-gen yang menggunakan teknologi 3D dengan sepenuhnya. Fitur 3D yang ada pada game G-Force ini dapat dirasakan para gamer dengan sambil menggunakan kacamata 3D anaglyphic saat memainkan game G-Force ini. Selain Disney, Sony juga meng-update PlayStation 3 untuk dapat memainkan game 3D-stereoscopic dan menonton film 3D Blu-ray.

3D Studio Max adalah software modelling dan animasi 3 Dimensi yang serbaguna dalam pembuatan games. Namun tidak hanya games namun juga dalam pembuatan Iklan TV, animasi, videofx, grafis media cetak, arsitektur, otomotif, produk, web, fashion dll.


Game 3D lainnya yang begitu mendekati realitas dari segi gambarnya adalah Game Fight Night Round 4 yang dikeluarkan oleh EA Canada studios. EA Canada telah menggunakan engine fisik di permainan game ini untuk menambah efek realitas dari pertarungan. Dengan modus carrier yang baru, yaitu Legacy Mode, setiap pemain dapat memulai pertandingan amatir dan dengan mudah memenangkan kompetisi. Kelebihan lainnya dari game ini adalah user dapat membuat karakter petinju sendiri yang diinginkan, dengan meng-upload foto tersebut dengan menggunakan tool 'Photo Game Face'.


Contoh lain dari game 3D dengan high Quality Rendered yaitu Prototype, game ini merupakan salah satu game action-adventure yang memiliki konsep gameplay Open-World yang sama dengan game GTA. Karakter dalam game ini dirender dengan detail dan halus.


Teknologi game 3D, merupakan teknologi game yang cukup popular saat ini, karena memiliki tampilan yang menyerupai bentuk nyatanya dengan fitur-fitur yang variatif sehingga membuat pemain lebih interaktif lagi saat bermain game 3D tersebut. Pemain akan merasakan nuansa bermain yang berbeda dan seolah-olah masuk ke dalam dunia permainan game itu tersebut. Berikut ini beberapa contoh game 3D yang memiliki kualitas Render terbaik.

BiggameHunter2010


Gears of War 2
 


 Need for speed SHIFT
 


MaxPayne3 
 


MidnightClub3

1 komentar:

  1. Terima kasih ya gan atas artikelnya, thanks for sharing :)

    BalasHapus